Selasa, 01 November 2011

STIKES Malang Menjadi Fakultas Kedoteran, Rendra : Mencetak Tenaga Kesehatan yang Profesional

MALANG, NAGi. Bupati Malang, H Rendra Kresna berharap Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) Kepanjen-Malang, bisa lebih berkembang. Siapa tahu, kelak bisa menjadi universitas, dimana di dalamnya terdapat beberapa fakultas, termasuk fakultas kedokteran, sehingga tidak hanya mencetak tenaga perwat yang profesional, juga mencetak tenaga dokter yang profesional dan tenaga kesehatan pendukung lainnya.

Hal ini, dikemukakan Rendra ketika membuka Pengenalan Program Studi (PPS) di STIKES Kepanjang, pekan lalu. Rendra, mengatakan pengenalan program studi merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru. “Kegiatan ini, merupakan kegiatan institusional yang menjadi tanggung jawab STIKES untuk mensosialisasikan kehidupan di perguruan tinggi. Serta proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur Pimpinan STKES, PRODI, mahasiswa, dan usnur lainnya yang terkait,” harap Rendra, yang juga mengikuti program doktor di Univesitas Islam Malang (UNISMA).

Kegiatan PPS ini dilaksanakan selama tiga hari, dengan kegiatan berupa ceramah ilmiah/seminar, dinamika kelompok, pengenalan kehidupan kampus, kegiatan keagamaan, kegiatan olahraga dan karya nyata, kedisiplinan, apresiasi dan kesenian, serta pembentukan mental.

Sebelumnya, Ketua STIKES Kepanjen-Malang, dr……mengatakan mengingat perbedaan proses pembelajaran antara Perguruan Tinggi (PT) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), maka PPS perlu dilaksanakan agar mahasiswa baru mengenal perbedaan tersebut. “Dari teacher center learned ke student center learned, dimana perbedaan tersebut merupakan adaptasi terhadap lingkungan dan budaya baru yang ditempatinya,” ungkap dr….., termasuk perbedaan lingkungan sosial antara desa dan kota, antara kota kecil dan kota besar, dan antara pesantren dan umum.

Dikatakan dr…., pengenalan PPS ini bertujuan agar suasana civitas akademika yang serasi dan kondusif dalam proses pembelajaran bisa tercapai, sehingga tujuan pendidikan mencetak tenaga perawat yang profesional dapat dicapai secara berhasil guna membentuk mental calon perawat yang profesional. “PPS ini, juga merupakan upaya untuk mengenal dan memahami lingkungan STIKES sebagai suatu lingkungan akademis, serta mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di STIKES secara maksimal,” harap dr….., selain itu menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab akademik dan sosial sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. (hms/kiki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar