Selasa, 01 November 2011

Pemerintah Kota Batu, Tahun 2011 Tidak Rekrutmen CPNS

BATU, NAGi. Di Kota Batu, tahun 2011 tidak mendapat jatah untuk rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), termasuk tenaga guru dan perawat. Sementara itu, mengisi kekurangan guru di Kota Malang sebanyak 180 orang yang diutamakan guru Sekolah Dasar (SD), untuk tahun 2011 pihak Dinas Pendidikan Kota Malang merekrut CPNS, walau pun adanya moratorium pegawai sampai dengan 31 Desember 2012 mendatang.

Menurut Kepala Bidang Funsional Kependidikan pada Dinas Pendidikan Kota Malang, Supriyadi mengatakan, kebutuhan guru ini tidak bisa ditunda, karena banyak yang pensiun, sehingga tenaga guru terutama di SD sangat kurang. “Kami akan melakukan koordinasi dengan Badan Kepegawai Daerah (BKD) Kota Malang, agar dapat mengusul ke Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) untuk mengabulkan permohonan kami,” kata Supriyadi, tentunya pihak Diknas Kota Malang, akan mengajukan alasan-alasan yang kuat, mengapa guru sangat penting untuk direkrut.

Dikatakan Supriyadi, mengenai kejelasan lowongan ini, akan ditanyakan secara terinci kepada Pemkot Malang, dalam hal ini BKD. “Pihak Diknas sudah mengajukan kekurangan tenaga guru sekitar 180 orang, belum termasuk pensiun tahun ini. Jumlahnya cukup banyak, sehingga kebutuhan untuk mengisi kekosongan guru sangat amat mendesak,” tutur Supriyadi, jika kekurangan guru tidak dapat diatasi, akan terjadi ketimpangan antara jumlah guru dan siswa, bahkan kekhawatiran berdampak pada proses belajar-mengajar akan terganggu.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawai Daerah (BKD) Kota Batu, Abu Sufyan menjelaskan, di lingkungan Pemkot Kota Batu tahun 2011 ini, tidak mendapat jatah rekrutmen CPNS dari Menpan dan Reformasi Birokrasi. “Pemkot Batu tahun ini, tidak mendapat jatah untuk merekrut CPNS, termasuk tenaga guru dan perawat (teknis), padahal tenaga-tenaga ini sangat penting,” ungkap Abu, mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu.

Padahal, kata Abu tenaga-tenga guru dan perawat banyak kekurangan dan pensiun, sehingga untuk mengisi kekosongan itu sangat dibutuhkan. “Walau pun usia Pemkot Batu baru sekitar 10 tahun, tetapi pegawainya/PNS adalah semua pindahan/mutasi dari Pemerintah Kabupaten Malang, sehingga umurnya sudah memasuki pensiun,” harap Abu, pihaknya juga akan mengajukan kepada Menpan dan Reformasi Birokrasi, agar melihat kasus per kasuskebutuhan setiap daerah, jangan secara general bahwa tahun 2011 sampai dengan 2012 tidak merekrut CPNS. (anik/ger)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar