Selasa, 01 November 2011

Mengembangkan Profesional, Guru Agama Harus Paham IT

ENDE, FLORES-NTT, NAGi. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) bertekad untuk terus meningkatkan kualitas dan mengembangkan profesionalisme guru agama di daerah. Hal yang harus segera direalisasikan adalah pengembangan profesi berbasis Informasi dan Teknologi (IT) di mana semua guru harus paham.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ende, Yosef Ngango, SAg, menyampaikan hal ini, ketika bertatap muka dengan semua karyawan di lingkup Kemenag Ende di Aula Ina Pare, Ende, baru-baru ini. Juga melakukan tatap muka dengan Kepala Madrasah Negeri dan swasta, Kepala KUA Kecamatan di Kabupaten Ende, guru agama, penyuluh agama, penghulu, pengawas dan lainnya yang berjumlah 180 orang.

Dijelaskan Yosef, pembinaan berkala kepada guru agama pada sekolah umum harus dilaksanakan secara berkala dalam bentuk pertemuan bulanan. “Pengetahuan tentang IT itu, mutlak harus dilakukan karena masyarakat sekarang mengharapkan adanya pelayanan yang prima dari semua aspek,” tegas Yosef, yang baru saja dilantik menjadi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ende.

Selanjutnya Yosef mengatakan, peran birokrasi dalam masyarakat sekarang sudah mengalami pergeseran paradigma, yaitu makin meningkatnya penghargaan atas kompetensi, mengedepankan efisiensi dengan produktivitas yang tinggi dan bermutu, karena masyarakat mengharapkan pelayanan yang prima dengan menjunjung moral yang tinggi. “Sikap mental yang berkaitan dengan organisasi diimplementasikan dengan kejujuran, rasa memiliki organisasi, menciptakan suasana yang menyenangkan,” ungkap Yosef, dan menjaga rahasia organisasi serta tidak apriori terhadap perubahan. (tibo/kp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar