Kamis, 04 Agustus 2011

Kota Batu Semakin Cantik, Rp 1,2 Miliar untuk Penerangan Lampu

BATU, NAGi. Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batu, Drs Susetya Herawan, MM mengatakan, kawasan di Kota Batu yang masih gelap dan rencana pembuatan Penerangan Jalan Umum (JPU) di setiap kecamatan. Pemerintah Kota Batu, menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar bersumber dari APBD 2011 untuk JPU. Hal ini, untuk mempercantik Kota Batu sebagai tujuan wisata di Jawa Timur.

PJU yang disiapkan, kata Susetya menggunakan tenga surya, dan sebagian besar energi ini digunakan pada tahun 2011. “Setiap kecamatan akan mendapatkan alokasi dana sebesar Rp 400 juta, sebagai prioritas penerangan adalah pada kawasan yang masih gelap,” kata Susetya, mantan Kepala Bagian Keuangan pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Batu.

Dijelaskan Susetya, tahun lalu pihak memasang di titik yang minim penerangan di waktu malam hari, maka nanti akan dipasang lampu surya. “Tahun lalu pemasangan lampu-lampu ini, hanya berupa uji coba saja. Tetapi, dari uji coba itu dampaknya positif, maka dilanjutkan untuk tahun ini,” ujar Susetya, mantan Kepala Dinas Pendapatan Kota Batu, angka kriminal dan resiko kecelakaan semakin berkurang dengan adanya penerangan tersebut.

Dikatakan Susetya, pemasangan lampu-lampu ini, merupakan jawaban dari tuntutan wagra , karena di sekitar jalan menuju Desa Sumber Brantas masih gelap gulita. Selain Desa Sumber Berantas, kawasan Kecamatan Junrejo berbatasan langsung dengan Desa Oro-Oro Ombo juga gelap gulita. Warga meminta agar sepanjang jalan tersebut diberi penerangan lampu. (ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar