Kamis, 04 Agustus 2011

Iwan Fals di Ponpes Ash- Hiddiqy Lawang, Perjalanan Religi Budaya dan Spritual

MALANG, NAGi. DC Extra Religi Budaya dan perjalanan spiritual Iwan Wals ke Pondok Pesantren (Ponpes) Ash – Shiddiqy, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang bersama ulama dan Ki Ageng Ganjur. Kunjungan baru-baru ini, membawah berkah dan terkesan sendiri bagi santri di Ponpes dan masyarakat sekelilingnya, karena mendapat siraman rohani dan hiburan dari Iwan Fals.

Pengasuh Ponpes Ash-Shiddiqt, Dr KH Ismail, MH, MSi menjelaskan kehadiran Iwan Fals di Ponpesnya ada tiga muatan. “Pertama memanam pohon yang dilakukan di lingkungan Pesantren dan beberapa lokasi yang telah ditentukan penaman sebanyak 1.000 anakan pohon. Hal ini, dilakukan Iwan Fals bersama kiai pengasuh Ponpes, para santri, dan Ki Ageng Ganjur,” kata KH Ismail, yang juga Dosen diberbagai universitas, antara lain Pascasarjana di Universitas Hantuah Surabaya, Universitas Budi Utomo Surabaya, Universitas Tulungagung.

KH Ismail, yang juga Dosen Ilmu Politik dan Pemerintah di UIN Sunan Apel Surabaya, mengatakan kedua, Iwan mementaskan musik yang bersifat religi bersama komunitasnya dan dinikmati bersama masyarakat di sekeliling Ponpes, dan ketiga, Istghosah dan Sholawat yang dipimpin para kiai, ulama, santri dan masyarakat

Menurut Ketua Panitia Acara, Muhamad Sholeh, SSi, MPd tujuan kehadiran dari Iwan Fals adalah kunjungannya dari jadual 99 Ponpes, untuk Ponpes Ash-Hiddiqy yang ke dua. “Hal ini, dilakukan untuk menggali dan menambahkan potensi kesenian yang ada di Ponpes dan masyarakat. Juga, menjadikan Ponpes sebagai pusat pengembangan seni dan budaya yang lebih estitik, namum memiliki nilai moral religius,” jelas Sholeh, selain itu untuk meningkatkan apresiasi seni budaya dan kesadaran pelestarian lingkungan santri dan kiai, sehingga pesentren bisa menjadi motor dalam pembangunan gerakan pelestarian lingkungan. (nizar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar