Senin, 25 April 2011

H Rendra Kresna, Kepala Desa dan BPD Tim Kerja yang Kompak

MALANG, NAGi. Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan tim kerja yang kompak, transparansi dan dapat menjalankan fungsi masing-masing dalam menerapkan prinsip sinkronisasi dan koordinasi. Hal ini, sehingga terciptanya pemerintahan di desa yang kokoh, aman dan tenteram, agar segala pembangunan yang direncanakan di desa berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan sesuai apa yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).
Bupati Malang, H Rendra Kresna mengemukakan hal ini, dalam acara pengambilan sumpah dan pelantikan masing-masing Kepala Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Suparman, di Balai Desa Mentaraman, Rabu (20/4), dan Kepala Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Dewi Buyati, Kamis (21/4) di Balai Desa Bedali. “Kita telah berhasil mengakomodasi aspirasi politik di dalam memilih figur atau sosok kepala desa yang sesuai dengan hati nurani dan keyakinan,” harap Rendra, tentunya hal ini berkat kerjasama yang baik antara masyarakat, alim ulama, pemerintah, dan aparat keamanan.
Di hadapan pemuka, tokoh masyarakat, tokoh ulama dan masyarakat yang memadati kedua balai desa itu, Rendra mengharapkan kedua kepala desa dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. “Laksanakan tugas, fungsi kepala desa dengan penuh rasa tanggung jawab, serta disiplin dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai peraturan yang berlaku. Selain itu, segera memahami peraturan-peraturan tentang pemerintahan desa, khususnya Himpunan Peraturan Daerah Kabupaten Malang Tahun 2006 tentang Pemerintahan Desa, serta beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan desanya,” ajak Rendra, bersama-sama berbagai elemen masyarakat seperti BPD, LPMD, tokoh masyarakat, ulama, pimpinan parpol, organisasi kemasyarakat dapat menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan pembangunan desa sesuai harapan masyarakat.
Dikatakan Rendra, untuk itu sejauh mungkin harus dihindari sikap pelayanan yang pilih kasih pendukung atau bukan pendukung, namun hendaknya dalam rangka pembinaan kemasyarakatan dapat memberikan pengayoman kepada masyarakat dan selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan. “Kepala Desa harus memiliki kepedulian dan kepekaan sosial yang tinggi, serta wajib mengenali desa dan warganya dengan segala dinamika dan kehidupannya,” tegas Rendra, karena itu wajib untuk selalu mewujudkan serta menciptakan situasi yang sejuk damai dan kondusif di desanya.
Sebaliknya, Rendra juga mengajak kepada masyarakat kedua desa itu untuk dapat berkerjasama dengan kepala desa terpilih, tanpa melihat perbedaan-perbedaan pada masa pemilihan yang lalu. “Harap saya agar kepala desa dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Rendra, kepala desa harus memahami visi Kabupaten Malang Tahun 2011-2015 yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Malang yang Mandiri, Agamais, Demokratis, Produktif, Maju, Aman, Tertib dan Berdaya Saing (Madep Manteb) dan menterjemahkan ke dalam visi, misi desa untuk masa bhaktinya enam tahun ke depam.
Seusai pelantikan, Rendra mengatakan kepada para wartawan, pihaknya meminta kepada Sekretaris Daerah (Sekda) agar pelantikan kepala desa tidak lagi dilakukan di Pendopo Agung Kabupaten Malang, tetapi dilaksanakan di masing-masing desa. “Hal ini, agar masyarakat dapat menyaksikan kepala desanya di lantik dihadapnya, kalau di pendopo hanya orang-orang tertentu atau pendukungnya saja. Tradisi ini, saya akan lakukan apabila ada pelantikan kepala desa, agar mereka bisa berbangga, karena kepala desa yang terpilih bukan lagi yang dipilih oleh para pendukungnya, tetapi semua masyarakat harus memberi dukungannya,” ucap Rendra, jika terpaksa ada beberapa kepala desa yang akan dilantik secara bersamaan, maka akan dilaksanakan di pendopo kecamatan, tetapi Rendra mengharapkan bisa dilantik di desa masing-masing. (ger)
Pemilihan Kepala Desa Mentaraman diikuti dua Calaon Kepala Desa dengan perolehan suara :
1. Suparman : 2.020 suara.
2. Muklis : 981 suara
Dengan rincian :
• Jumlah Penduduk : 6.110 orang
• Jumlah Hak Pilih : 4.155 orang
• Jumlah yang Hadir : 3.032 orang
• Tidak Hadir : 1.123 orang
• Surat Suara Sah : 3.001 orang
• Surat Suara Tidak Sah : 31 orang
Pemilihan Kepala Desa Bedali diikuti tujuh Calon Kepala Desa dengan perolehan suara ;
1. Dewi Buyati : 1.303 suara
2. Rukyati : 625 suara
3. Suhartono : 498 suara
4. Mochamad Abd Choliq : 1.138 suara
5. Winoto :1.267 suara
6. Ismail : 251 suara
7. Supardi : 1.125 suara
Dengan rincian :
• Jumlah Penduduk : 16.562 orang
• Jumlah Hak Pilih : 10.809 orang
• Jumlah yang Hadir : 6.304 orang
• Tidak Hadir : 4.505 orang
• Surat Suara Sah : 6.207 orang
• Surat Suara Tadak Sah : 97 orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar