Jumat, 03 Juni 2011

PKL Tidak Mendapatkan Bedak BTC, Di Tempatkan di Basement Batu Plaza

BATU, NAGi. Para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sehari-hari berdagang aksesoris dan makanan di Jl Sudiro, Kota Batu yang tidak dapat kebagian bedak (stand) di Batu Turism Center (BTC), akhirnya diberi tempat untuk berdagang di Basement Batu Plaza Jl Semeru atas kesepakatan Pemerintah Kota Batu dengan management Batu Plaza.

Pemilik Batu Plaza, Felix mengatakan, sudah ada kesepakatan antara pihaknya, PKL, dan Pemkot Batu untuk menempati basement yang semula digunakan untuk tempat parkir kendaraan yang berbelanja di Batu Plaza. “Pengunjung plaza lebih suka dan banyak parkir kendaraannya di depan plaza, sehinggga basement selama ini kosong dan tidak berfungsi. Kami sudah bersihkan mulai dari mencat tembok dan berbagai keperluan sampai ke menata agar PKL dapat berjualan dengan keadaan bersih dan nyaman,” ungkap Felix, yang mengatakan pihaknya bersedia menampung para PKL, agar usaha-usaha yang kecil dapat hidup dan berkembang di Kota Batu.

Menurut Felix, bedak-bedak ini, nantinya akan menjadi foodcuort seperti di BTC dan para PKL akan menempati dua lantai yaitu; lantai bawah untuk para PKL yang berjual aksesoris dan pakaian, sedangkan di lantai atas untuk para PKL yang berjualan makanan dan minuman. “Saya berharap dengan kehadiran para PKL ini, Batu Plaza akan lebih banyak pengunjungnya dan mau membeli dan mencicipi segala hidangan makan yang serba murah,” tutur Felix, makanan yang tersedia di sini, tidak lebih dari Rp 10 ribu per piring, masih terjangkau membeli oleh para pengunjung.

Sementara Ketua Paguyuban PKL, Rusdi mengatakan ada sekitar 96 PKL yang tidak kebagian mendapatkan bedak di BTC akan ditempatkan di basement Batu Plaza yang hanya berseberang saja dengan Alun-alun Kota Batu. “Kami ditarik retribusi oleh pemilik plaza hanya Rp 5.000,- per hari untuk pedagang aksesoris dan pakaian, sedangkan untuk pedagang makanan dan minuman sebesar Rp 10 ribu,” jelas Odeng panggilan akrabnya, berterima kasih kepada pemilik Batu Plaza yang peduli akan nasib para PKL, pihaknya berjanji akan membayar tepat waktu dan menjaga kebersihan dan kenyamanan. (faby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar