Jumat, 03 Juni 2011

Membangun Akhir Bulan Juni 2011, Jembatan Metro Menelan Biaya Rp 3 Miliar

MALANG, NAGi. Jembatan Metro merupakan perbatasan antara Kecamatan Pakisaji dan Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang yang ambruk tahun lalu, bulan Juni akan mulai dikerjakan. Sebelumnya dana melalui APBD Perubahan 2010 sudah dibangun fondasinya senilai Rp 800 juta, dan untuk bentangan atasnya menelan biaya sebesar Rp 3 miliar. Hal ini, diambil dari dana keseluruhan untuk pembangunan jembatan di wilayah Kabupaten Malang dalam APBD 2011 tersedia sebesar Rp 8 miliar.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang, Ir Mochamad Anwar mengatakan, pembangunan fondasi dilakukan pada akhir tahun 2010 diambil dari APBD Perubahan sebesar Rp 800 juta. “Kami sediakan dana secara bertahap, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, sehingga untuk tahap kedua ini dialokasikan dana untuk jembatan Metro sebesar Rp 3 miliar,” jelas Anwar, semua proses tender sudah dilaksanakan, dan rencananya akhir Juni ini, sudah bisa dikerjakan.

Pembangunan Jembatan Metro ini merupakan sekala prioritas untuk mendukung arus angkut barang dari dan keluar Kecamatan Wagir. “Kecamatan ini, ada banyak pabrik rokok, dan pabrik lainnya, sehingga truk-truk pengangkut bahan pokok bisa teratasi. Selain itu, ketika musim giling tebu, truk-truk yang melintasi di jalan dan jembatan tersebut berbobot lebih dari 10 ton,” tutur Anwar, sehingga perlu segera dibangun, dan mempermudah para pekerja yang melintasi jembatan tersebut.

Menurt Anwar, pembangunan jembatan itu ada perubahan letaknya, dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. “Kami memindahkan atau menggeserkan jembatan tersebut, sehingga mengepras rumah penduduk Desa Mandalanwangi yang ada di pinggir jembatan dan bangunan di sepanjang dinding Pabrik Gula Kebonagung, Desa Kebonagung harus dibongkar, karena jalanya diarahkan lurus dengan jembatan. Selain itu, ada jalan untuk roda empat untuk masuk ke Desa Kebonagung,” kata Anwar, dan berterimakasih atas kerjasama antara Pemerintah Desa, dan pemilik bedak-bedak, mereka membongkar sendiri dengan iklas, demi pembangunan jembatan itu. (bala/ger)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar